Hikmah Wakaf

Pada dasarnya kita telah menyepakati bahwa waqaf merupakan salah satu instrument dari distribusi di dalam ekonomi Islam. Dr Jaribah bin Ahmad Al-Haritsi dalam bukunya “Fikih Ekonomi Umar bin Al-Khatab” menjelaskan bahwa sistem ekonomi Islam datang dengan sistem distribusi yang merealisasikan beberapa tujuan (hikmah) yang mencakup berbagai bidang kehidupan.

Tujuan dakwah

Yang dimaksud dakwah di sini adalah dakwah kepada Islam dan menyatukan hati kepadanya. Jika kta berwaqaf maka aka nada sebuah hikmah bahwa Islam itu sebagai agama Rahmatan Lil Alamin.

Allah berfirman: “Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhoan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah melihat apa yang kau perbuat.” (Al-Baqarah 265)

Artinya, orang-orang yang menyerahkan sebagian harta mereka karena Allah Ta’ala itu berarti mereka meneguhkan jiwa mereka.

Tujuan Pendidikan


Secara umum, waqaf, salahsatu instrumen distribusi dalam Islam dapat mewujudakan beberapa hikmah dalam hal pendidikan, dimana yang terpenting adalah sebagai berikut: Pertama, Pendidikan terhadap akhlak terpuji, seperti suka member, bederma, dan mengutamakan orang lain. Kedua, mensucikan dari akhla tercela, seperti pelit, loba, dab mementingkan diri sendiri.

Tujuan Sosial


1. Memenuhi kebutuhan kelompok yang membutuhkan, dan menghidupkan prinsip solidaritas di dalam masyarakat Muslim.
2. Menguatkan ikatan cinta dam kasih sayang di antara individu atau kelompok di dalam masyarakat.
3. Mengikis sebab-sebab kebencian dalam masyarakat, karena sebelumnya distribusi pendapatan yang tidak merata.

Tujuan Ekonomi


Distribusi di dalam Islam memiliki tujuan-tujuan ekonomis yang pentng. Diantaranya:
1. Pengembangan harta dan pembersihannya.
2. Memberdayakan sumber daya manusia yang menganggur.
3. Berandil dalam merealisasikan kesejahteraan ekonomi.

Tulis Komentar